Peminat Hakim Agung Minim

Peminat Hakim Agung Minim
Peminat Hakim Agung Minim
JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) hari ini akan menutup pendaftaran seleksi calon hakim agung (CHA) 2013. Sayangnya, hingga menjelang penutupan antusiasme pendaftar masih sangat kecil. Setelah stagnan hanya 17 peserta selama beberapa hari, Kamis (21/2) pendaftar melonjak menjadi 55 orang. Padahal, KY menargetkan ada 100 CHA.

Juru Bicara KY Asep Rahmat Fajar berharap jumlah itu kembali meningkat hari ini. Dia yakin, seperti halnya pada seleksi-seleksi pejabat lain, selalu membeludak di akhir pendaftaran. ’’Sebenarnya dari jumlah itu (55 pendaftar) sudah cukup banyak,’’ ujarnya kepada Jawa Pos.

Target 100, kata Asep, merujuk pada jumlah pendaftar di seleksi tahun sebelumnya. Meski demikian, dia menyebut itu bukan patokan karena berapapun jumlahnya KY akan memroses. Asep menyebut kalau jumlah yang ada saat ini bias jadi pendaftar paling siap.

Seperti diwartakan, saat ini ada tujuh kursi kosong karena hakim agung pensiun, dipecat, atau melengkapi kekurangan seleksi sebelumnya. Antara lain jabatan lowong setelah Achmad Yamanie dipecat. Kemudian hakim agung Djoko Sarwoko pensiun (kamar pidana), Abdul Kadir Mappong (perdata), dan Paulus Effendi Lotulung (tata usaha negara). Begitu pula dengan posisi hakim yang ditinggalkan Nyak Pha (pidana), dan Muhammad Taufik (perdata). ’’Dari 55 pendaftar itu, 40 orang dari jalur karir dan 15 dari nonkarir,’’ jelasnya.

JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) hari ini akan menutup pendaftaran seleksi calon hakim agung (CHA) 2013. Sayangnya, hingga menjelang penutupan antusiasme

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News