Pemko Kucurkan Miliaran Rupiah ke Sekolah Swasta

Pemko Kucurkan Miliaran Rupiah ke Sekolah Swasta
Guru sedang mengajar di kelas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pemkot Balikpapan, Kalimantan Timur, mengucurkan dana miliaran rupiah untuk subsidi uang gedung sekolah swasta.

Namun, Dewan Pendidikan Balikpapan menilai, penyaluran uang tersebut banyak tidak tepat sasaran. Sebab, dana tersebut juga dinikmati masyarakat yang sebetulnya sudah mampu.

Diketahui, langkah pemkot itu dilakukan untuk meminimalisasi gejolak. Terutama saat penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Kuota siswa baru di sekolah negeri yang terbatas membuat banyak calon peserta didik yang tak diterima harus memilih sekolah swasta yang berbayar.

Ketua Dewan Pendidikan Balikpapan Subianto menyatakan, kebijakan itu harus dibuat aturan yang jelas.

Terutama yang mengatur soal sekolah swasta unggulan atau elite dengan sekolah swasta yang memang perlu bantuan dari pemkot.

"Kami ingin ini ada regulasinya. Pengawasan ada di tangan Disdikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan). Bisa dalam bentuk perwali (peraturan wali kota)," kata Subianto, seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Untuk kategori sekolah elite, Subianto menyatakan harus ada kesadaran dari pihak penyelenggara atau yayasan untuk tidak menerima bantuan dari pemkot.

Pemkot Balikpapan, Kalimantan Timur, mengucurkan dana miliaran rupiah untuk subsidi uang gedung sekolah swasta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News