Pemkot Surabaya Siapkan Gedung Parkir di Beberapa Lokasi

Pemkot Surabaya Siapkan Gedung Parkir di Beberapa Lokasi
Proses pengerjaan gedung parkir di Jalan Arif Rahman Hakim terus dilakukan. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Ketersediaan lahan yang terbatas dan jumlah kendaraan yang makin meningkat membuat tempat parkir menjadi sarana yang dibutuhkan oleh masyarakat Surabaya. Karena itulah, Pemerintah Kota Surabaya fokus membuat gedung parkir. Untuk kawasan Surabaya Timur saja, ada empat yang akan dikembangkan. Di antaranya di Jalan Kertajaya, Jalan Ngagel Jaya, Jalan Arif Rahman Hakim, dan Jalan Prof dr Moestopo. 

Rencananya, gedung tersebut dibangun bertingkat agar kapasitasnya lebih banyak. Selain kendaraan roda empat, gedung itu menampung sepeda motor. Namun, pembangunan gedung bertingkat tersebut belum bisa dilaksanakan tahun ini. Sebab, detail engineering design (DED) masih dikerjakan. Selain itu, pembangunan masih menunggu penganggaran. 

Meski demikian, Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya tidak mau lahan itu menganggur. Empat lokasi sudah disiapkan untuk dijadikan tempat parkir sementara. ''Pertengahan Juli nanti sudah bisa digunakan masyarakat. Bentuknya berupa parkir tapak," ujar Kepala UPTD Parkir Tempat Khusus Dishub Heri Setiawan.

Dia menambahkan, penyediaan lahan parkir tersebut bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Selain itu, menjaga ketertiban lingkungan dari parkir sembarangan. ''Yang pasti, tempat parkir ini digunakan sepenuhnya untuk parkir umum bagi masyarakat," katanya.

Heri mengatakan, saat ini pematangan lahan sedang dilakukan. Meliputi, perbaikan lahan dan penyediaan sarana-prasarana parkir. ''Seperti rambu, markah, dan petunjuk arah parkir," ujarnya. 

Di sisi lain, pembangunan gedung baru ditargetkan selesai dan bisa digunakan sebelum 2020. Rencananya, parkir tersebut menggunakan sistem modular. Saat ada kendaraan masuk, otomatis mesin bergerak dan memilih tempat untuk kendaraan.

Saat ini DED untuk gedung parkir di Jalan Ngagel Jaya dan Jalan Prof dr Moestopo baru memasuki tahap lelang. Jika lelang lancar, pengerjaan DED sudah bisa dimulai pada Juli mendatang. 

Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Surabaya Vinsensius Awey mengatakan bahwa yang dilakukan pemkot sudah tepat. Pembangunan sarana parkir tersebut memang diperlukan sesuai dengan kebutuhan yang ada. ''Jangan sampai setelah lahan parkir tidak ada, baru bingung mencari solusinya," katanya.

Rencananya, gedung tersebut dibangun bertingkat agar kapasitasnya lebih banyak. Selain kendaraan roda empat, gedung itu menampung sepeda motor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News