Pemuda Sumsel Harus Jadi Garda Terdepan Bangsa

Pemuda Sumsel Harus Jadi Garda Terdepan Bangsa
FOTO: DOK.PMKRI Cabang Palembang for JPNN.com

jpnn.com - PALEMBANG – Pemuda merupakan elemen terpenting dalam pergerakan modern. Secara kualitatif, pemuda adalah pusat sekaligus tumpuan dari sekian banyak ide, kreativitas, inovasi dan memiliki semangat serta energi yang sangat besar dalam mendorong pergerakan menuju perubahan yang komperhensif di segala bidang.

Secara kuantitatif, jumlah pemuda sangat fantastis. Statistik usia 35 hingga 45 tahun, mencatat lebih dari 35 persen masyarakat Indonesia adalah pemuda. Kapabilitas dan eksistensi pemuda memiliki posisi yang sangat istimewa dan strategis dalam perjuangan bangsa. Karena itu, anak muda Sumatera Selatan harus melakukan reposisi.

“Pemuda Sumsel harus mengambil kembali peran pentingnya sebagai tonggak dan garda terdepan masa depan bangsa,” kata Yuven, Ketua PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia) Cabang Palembang, Jumat (13/11).

Yuven menyampaikan hal itu menjelang Seminar dan Pelantikan Pengurus PMKRI Cabang Palembang yang akan dilaksanakan di Gedung DPRD Provinsi Sumsel, Sabtu (14/11). Seminar ini akan menghadirkan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Giri Ramanda Kiemas, dan Uskup Agung Palembang, Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama, aktivis mahasiswa dan kepemudaan se-Provinsi Sumsel.

Menurut Yuven, pemuda Sumsel diharapkan menjadi generasi yang unggul dalam segala bidang. Selain itu, pemuda juga diharapkan menjadi inisiator dan dinamisator melalui kreasi pikiran dan ide-idenya.

“Menjadi katalisator dengan semangat dan energinya. Peran pemuda juga penting dalam evaluator yang kritis dan terus memberi solusi bagi setiap kondisi sekitarnya,” kata Yuven melalui siaran persnya.

Yuven juga mengatakan reposisi pemuda Sumatera Selatan membutuhkan kembali sebuah momentum. Seperti halnya sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 yang menjadi momentum penting pergerakan pemuda dalam era tersebut dan menghadirkan kekuatan tersendiri bagi sekian bentuk kelompok pemuda.

“Sambil menyambut estafet revolusi mental dengan pekik “Ayo Kerja” yang dicanangkan pemerintah maka pemuda Sumsel menjadi bagian pergerakan modern, harus segera ambil bagian secara nyata,” katanya.

PALEMBANG – Pemuda merupakan elemen terpenting dalam pergerakan modern. Secara kualitatif, pemuda adalah pusat sekaligus tumpuan dari sekian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News