Pencemaran Susu Makin Meluas

Susu Cair Tiongkok pun Terkontaminasi

Pencemaran Susu Makin Meluas
Pencemaran Susu Makin Meluas
BEIJING - Orang tua di Tiongkok kian waswas sekaligus berang menyusul skandal susu Tiongkok yang terus meluas. Ternyata, bukan hanya susu bubuk yang tercemar melamin, susu cair pun terkontaminasi bahan kimia terlarang yang biasa digunakan dalam pembuatan plastik itu.

China Daily kemarin (19/9) melansir temuan Badan Pengawas Kualitas (AQSIQ) Tiongkok yang dipublikasikan pada Kamis (18/9). Temuan itu menyatakan bahwa berdasar hasil uji terhadap 1.202 sampel produk susu cair yang diambil dari tiga pabrik besar, 24 di antaranya (lebih dari 10 persen) terkontaminasi melamin.

Tiga pabrik susu itu masing-masing Yili dan Mengniu, keduanya bermarkas di wilayah otonomi Mongolia Dalam, dan Bright Dairy di Shanghai. Yang paling tinggi konsentrasi pencemarannya adalah produksi Bright Dairy, yang mengandung 8,6 miligram melamin per kilogram produk. Menyusul temuan tersebut, tiga perusahaan itu diminta menarik seluruh produk mereka. Memang, menyusul maraknya produk susu formula terkontaminasi melamin, pemerintah memeriksa seluruh produk susu, baik bubuk maupun yang cair.

Keruan saja, temuan itu semakin membuat orang tua Tiongkok gelisah. Pada penyidikan sebelumnya, petugas menemukan bahwa produk buatan Sanlu Group tersebut mengandung konsentrasi melamin paling tinggi.

BEIJING - Orang tua di Tiongkok kian waswas sekaligus berang menyusul skandal susu Tiongkok yang terus meluas. Ternyata, bukan hanya susu bubuk yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News