JPNN.com

Pendaftaran PPDB Online: Sekolah Favorit Siapkan Strategi Genjot Prestasi Siswa

Kamis, 20 Juni 2019 – 14:05 WIB Pendaftaran PPDB Online: Sekolah Favorit Siapkan Strategi Genjot Prestasi Siswa - JPNN.com

jpnn.com, BANJARBARU - Pendaftaran PPDB (penerimaan peserta didik baru) tingkat SMA secara online dan offline di Kalimantan Selatan akan dibuka 1 Juli 2019. Sama seperti tahun lalu, PPDB kembali menggunakan sistem zonasi. Di mana, sekolah diwajibkan memprioritaskan menerima calon siswa yang bertempat tinggal di dalam zonasi.

Dengan aturan tersebut, maka sejumlah sekolah favorit yang sebelumnya menerapkan kriteria tinggi dalam penerimaan siswa baru, kini tidak lagi diperbolehkan hanya menjaring siswa yang berprestasi.

Siswa yang kurang berprestasi atau bahkan memiliki nilai rendah harus diterima jika berada di dalam zonasi sekolah.

"Iya, kita tidak bisa lagi hanya memilih siswa yang berprestasi. Dengan adanya sistem zonasi ini, kita harus memprioritaskan anak yang rumahnya dekat dengan sekolah," kata Kepala SMAN 2 Banjarbaru, Ehsan Wasesa.

SMAN 2 Banjarbaru selama ini dikenal sebagai sekolah favorit tempat berkumpulnya siswa berprestasi. Namun, menurutnya hal itu tak jadi masalah bagi sekolah. "Yang terpenting 'kan bagaimana nanti kita memprosesnya. Walaupun bahan baku yang kita terima tidak bagus," ujarnya.

BACA JUGA: Pendaftaran PPDB 2019 Online, Jarak Rumah ke Sekolah Dicek Ulang

Ehsan mengaku sudah mempersiapkan cara untuk meningkatkan prestasi para siswa yang sebelumnya punya nilai rendah. "Kita harus melakukan sesuatu, agar kualitas siswa kami tidak menurun," ujarnya.

Salah satu cara yang akan mereka lakukan yakni membina secara ekstra para siswa yang dianggap kurang berprestasi. "Siswa kurang berprestasi kami pantau secara khusus untuk melihat perkembangannya," beber Ehsan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...