JPNN.com

Penelitian Ilmiah UGM: Aplikasi Teman Diabetes Terbukti Membantu Para Pasien

Rabu, 11 November 2020 – 11:08 WIB
Penelitian Ilmiah UGM: Aplikasi Teman Diabetes Terbukti Membantu Para Pasien - JPNN.com
Aplikasi Teman Diabetes. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kehadiran Aplikasi Teman Diabetes sangat membantu para penderita dalam mengelola kesehatannya.

Aplikasi ini juga mendukung penelitian ilmiah mengenai manfaat penggunaan teknologi bagi pasien diabetes. 

Penelitian ilmiah pertama mengenai pemanfaatan aplikasi bagi diabetesi dilakukan oleh Teman Diabetes dan Magister Farmasi Klinik Universitas Gadjah Mada (MFK UGM) pada Januari hingga Mei 2020.

Penelitian tersebut bertujuan untuk menilai efektivitas penggunaan aplikasi Teman Diabetes dalam menaikkan pengetahuan diabetes, aktivitas perawatan diri dan perbaikan nilai klinis perawat penyandang diabetes tipe 2.

Tim peneliti riset ini adalah Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt selaku peneliti utama, Apt. Nidaul Hasanah, M. Clin, Pharm, dan Apt. Perdani Adnin Maisyah, M. Clin, Pharm.

Riset tersebut menggunakan desain quasi-experimental dengan membandingkan perubahan pada grup intervensi dan grup kontrol.

Pada grup intervensi adalah kelompok sampel yang menggunakan aplikasi Teman Diabetes, sedangkan kelompok lainnya tidak. Lokasi penelitian dilakukan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebanyak 124 penyandang diabetes tipe 2 menjadi sampel penelitian ini. Terdapat 80 persen sampel berusia 50-65 tahun dan 20% berusia 30-49 tahun.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy