Penemu MH370 yang Hilang Dihadiahi Rp 58,9 Miliar

Keluarga Penumpang Galang Dana untuk Reward Lewat Situs Indiegogo

Penemu MH370 yang Hilang Dihadiahi Rp 58,9 Miliar
Penemu MH370 yang Hilang Dihadiahi Rp 58,9 Miliar

jpnn.com - KUALA LUMPUR - Tidak kunjung ditemukannya pesawat Malaysia Airlines MH370 tidak membuat keluarga korban menyerah. Sejumlah keluarga korban memiliki ide baru untuk mengungkap kebenaran. Yakni, menggalang dana bagi orang yang mau memberikan informasi terkait dengan hilangnya pesawat tersebut.

Penggalangan dana dari masyarakat yang secara online itu diluncurkan kemarin (8/6). Dana diharapkan bisa mencapai USD 5 juta (Rp 58,9 miliar). Proyek yang bernama Reward MH370 tersebut dapat dilihat di situs Indiegogo.

Pemberian hadiah itu merupakan jalan pintas bagi keluarga korban agar fakta yang sebenarnya terungkap. Sebab, hingga saat ini belum ada kepastian terkait dengan pesawat yang hilang sejak 8 Maret tersebut. Kondisi korban yang hidup atau mati belum diketahui. Jika masih hidup, korban tidak diketahui rimbanya. Meski dikabarkan tewas, mayat korban juga tidak ditemukan.

Selain itu, pencarian di Samudra Hindia selama berminggu-minggu tidak membuahkan hasil. Puing pesawat MH370 tersebut tidak ditemukan secuil pun. Sebanyak 239 orang di dalam pesawat dengan rute Kuala Lumpur-Beijing itu bagai hilang tanpa jejak.

"Kami yakin, ada seseorang di suatu tempat yang mengetahui sesuatu. Kami berharap, hadiah ini akan membuatnya muncul," ujar Ethan Hunt, kepala perusahaan teknologi yang mengepalai proyek Reward MH370 tersebut.

Dia menjelaskan bahwa misteri itu tidak pernah terjadi dalam sejarah penerbangan. "Kami butuh bekerja sama dengan komunitas yang satu tujuan. Yakni, menemukan kebenaran, pesawat, dan penumpang," tambahnya.

Selama ini keluarga korban memang tidak memercayai pemerintah Malaysia yang memberikan informasi terkait dengan hilangnya pesawat itu. Apalagi informasi tersebut kerap sepenggal-sepenggal dan tidak berarti apa pun bagi keluarga korban.

"Pemerintah dan berbagai lembaga telah memberikan usaha terbaik. Tetapi, mereka gagal menunjukkan secuil bukti. Hal itu terjadi karena ada kesalahan pendekatan dan petunjuk yang menyesatkan dari satu atau beberapa orang," ujar Sarah Bajc, kekasih Philip Wood.

KUALA LUMPUR - Tidak kunjung ditemukannya pesawat Malaysia Airlines MH370 tidak membuat keluarga korban menyerah. Sejumlah keluarga korban memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News