Pengamat: Komitmen Ganjar Membangun Desa Tidak Perlu Diragukan

Pengamat: Komitmen Ganjar Membangun Desa Tidak Perlu Diragukan
Capres Ganjar Pranowo memulai kampanye perdana Pilpres 2024 di Desa Waninggap Nanggo, Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11). Foto: Tim Ganjar

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik dari Citra Institute Yusak Fachran mengatakan strategi Ganjar Pranowo memosisikan dirinya sebagai ‘Anak Desa’ bertujuan untuk membuktikan komitmennya dalam membangun desa.

“Dengan narasi si Anak Desa, Ganjar ingin menegaskan dirinya punya komitmen kuat membangun desa,” ujar Yusak, Selasa (28/11/2023).

Yusa menilai Ganjar berpengalaman di pemerintahan, yakni Gubernur Jawa Tengah selama dua periode. Hal ini menjadi modal bagi capres yang diusung PDIP, PPP, Partai Hanura dan Perindo saat blusukan.

“Komitmen Ganjar terhadap pembangunan desa, saya kira tidak perlu diragukan lagi. Sebagai mantan gubernur, Ganjar memahami dengan baik kompleksitas tantangan yang ada di pedesaan,” ujar Yusak.

Dekan FISIP Universitas Pamulang ini mendorong Ganjar untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) desa.

“Program dana desa yang sudah ada harus tetap dilanjutkan,” ungkap Yusak.

Menurut Yusak, aparatur desa harua diperlakukan sebagai mitra, bukan sekadar alat pengerek elektabilitas pada masa kampanye.

Untuk itu, harus ada program untuk meningkatkan kapasitas mereka. “Ganjar harus fokus pada peningkatan kompetensi aparatur desa dalam mewujudkan desa modern,” ujar Yusak.

Pengamat Politik Yusak Fachran menilai komitmen Ganjar Pranowo untuk membangun desa tidak perlu diragukan lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News