Pengamat: Mata Uang Bersama Sulit Diberlakukan

Pengamat: Mata Uang Bersama Sulit Diberlakukan
Pengamat: Mata Uang Bersama Sulit Diberlakukan
JAKARTA - Pengamat Ekonomi Universitas Atmajaya, Prasetyantoko mengatakan, penetapan mata uang bersama di  Negara Asia Tenggara akan sulit untuk diterapkan. Menurutnya, pembahasan mata uang bersama juga tidak akan dibahas dalam KTT ASEAN ke-18 di Jakarta.

"Saya rasa hal ini juga tidak akan dibahas dalam KTT ASEAN," kata Prasetyo saat diskusi bertajuk  manfaat dan mudharat KTT ASEAN, di warung daun Jakarta, Sabtu (7/6).

Menurut Prasetyntoko, tidak mudah untuk menetapkan mata uang bersama seperti yang dilakukan oleh negara-negara Eropa yang memberlakukan mata uang Euro. Ia menilai, yang menjadi kendala adalah perbedaan nilai mata uang antar negara masing-masing berbeda, sehingga belum tentu antar negara satu dengan yang lain mau menggunakan mata uang bersama. "Mata uang ASEAN bersama saya rasa akan sulit diwujudkan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Prasetyantoko, stabilitas nilai tukar mata uang juga dianggap akan mempengaruhi bisa tidaknya mata uang bersama ASEAN diterapkan. "Misalnya, Indonesia dengan Singapura, mau tidak Singapura  menggunakan mata uang yang sama dengan kita," tandas Prasetyantoko. (kyd/jpnn)

JAKARTA - Pengamat Ekonomi Universitas Atmajaya, Prasetyantoko mengatakan, penetapan mata uang bersama di  Negara Asia Tenggara akan sulit untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News