Pengangkatan CPNS Dilematis

Usulan Daerah Terlalu Banyak, Keuangan Negara Tak Memadai

Pengangkatan CPNS Dilematis
Pengangkatan CPNS Dilematis
JAKARTA— Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Meneg PAN) menghadapi persoalan dilematis dalam penetapan formasi CPNS daerah 2009. Banyak pemerintah daerah termasuk Sulawesi Utara (Sulut) yang mengusulkan CPNS dengan kuota besar. Padahal penepatan formasi ini harus disesuaikan dengan keuangan negara.

“Terus terang saja Meneg PAN dilematis untuk penetapan formasi ini. Satu sisi daerah-daerah usulannya banyak, di sisi lain kita harus melihat kondisi keuangan negara. Bisa saja kita menyetujui semuanya, tapi apa keuangan negara bisa memikul beban tersebut,” ulas Deputi Meneg PAN Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Ramli Naibaho yang dihubungi via telepon, Minggu (19/4)

Disebutkannya, tiap tahun usulan formasi CPNS daerah termasuk Sulut sangat banyak. Dikhawatirkan usulan tersebut tidak disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

“Sulut masuk salah satu provinsi yang paling menggebu-gebu mengusulkan formasi CPNS. Saya tidak tahu persis apa usulan ini benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah setempat,” tandas Ramli.

JAKARTA— Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Meneg PAN) menghadapi persoalan dilematis dalam penetapan formasi CPNS daerah 2009.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News