Penghormatan Jokowi untuk 9.568 Pahlawan

Penghormatan Jokowi untuk 9.568 Pahlawan
Presiden Joko Widodo. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo untuk pertama kalinya memimpin upacara Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (16/8) malam. Sebagai inspektur, mantan Wali Kota Solo tersebut juga memberikan renungan singkat. Dalam renungan itu, ia meminta masyarakat mengenang kembali jasa para pahlawan bangsa. Baik yang dikenal maupun tidak dikenal.

"Dalam rangka memperingati 17 Agustus ini mari kita mengenang jasa para pahlawan. Di Taman Makam Pahlawan ini ada total 9.568 pahlawan yang disemayamkan," ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu dalam renungan singkatnya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memaparkan, di TMP Kalibata terdapat beragam makam pahlawan. Sebanyak 8.767 makam milik pahlawan TNI-Polri, lalu anggota Badan Perjuangan sebanyak 809 orang. Kemudian, makam milik  39 tokoh nasional yang dianggap sebagai pahlawan dan 43 makam pahlawan tak dikenal.

"Hormat kami juga untuk pahlawan lainnya yang dikenal dan tidak dikenal di kota-kota, lembah, ngarai. Hormat sebesarnya atas keridhoan, dan keihlklasan pengorbanan pahlawan, dalam mengabdi dan berjuang. Kami juga berjanji untuk berjuang bagi bangsa dan negara," imbuh pria asal Solo tersebut. 

Dalam upacara dan renungan itu, Jokowi didampingi Ibu Negara, Iriana Widodo, Wapres Jusuf Kalla dan Istri Mufidah Kalla. Hadir juga para menteri dan kepala kementerian/lembaga.Tidak ada ritual khusus lainnya selain upacara tersebut. Usai upacara, Jokowi dan rombongan langsung meninggalkan TMP Kalibata. (flo/jpnn)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo untuk pertama kalinya memimpin upacara Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News