Penipuan, Modus Aksi Galang Dana Untuk Panti Asuhan

Penipuan, Modus Aksi Galang Dana Untuk Panti Asuhan
Penipu penggalangan dana untuk anak yatim piatu. Foto: JPG/RadarBogor

jpnn.com, BOGOR - Berbagai macam modus penipuan dilakukan demi mendapatkan uang. Untuk itu, masyarakat Bogor harus lebih berhati-hari meski hanya sekadar memberi sumbangan.

Pasalnya, penipuan berkedok galangan dana peduli yatim piatu marak terjadi. Seperti yang diungkap Satpol PP Kota Bogor

Seorang pemuda bernama Andri Hidayat (21) diamankan Satpol PP Kota Bogor lantaran kerap kali menggalang dana sumbangan fiktif di sekitaran lampu merah Baranangsiang

Terlebih saat itu Andri sedang dalam kondisi mabuk.

Pria yang dalam aksinya selalu tampil serba silver itu lantas digiring ke Pos Satpol PP Balaikota.

Kasi Pemberdayaan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Kota Bogor, Khairil Faisal Isma menjelaskan, ini kali kedua pihaknya menindak pelaku penipuan berkedok sumbangan peduli anak yatim.

Sama seperti sebelumnya, dia memastikan dengan menelepon nomor yayasan yang dipampang dalam kotak sumbangan tersebut, tapi ternyata tidak aktif.

“Untuk yayasannya sendiri masih belum jelas, kami hubungi juga tidak ada yang menjawab. Perlu diketahui masyarakat, untuk para pencari bantuan sosial yang menggunakan baju koko saja belum tentu benar, apalagi yang seperti ini,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Berbagai macam modus penipuan dilakukan demi mendapatkan uang. Untuk itu, masyarakat Bogor harus lebih berhati-hari meski hanya sekadar memberi sumbangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News