Penjabat Gubernur Jateng Dorong Ekosistem Halal Melalui Penguatan UMKM

Penjabat Gubernur Jateng Dorong Ekosistem Halal Melalui Penguatan UMKM
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana berbincang dengan pelaku UMKM saat kegiatan Jateng Halal Vaganza 2024 di halaman Kantor DPRD Provinsi Jawa Tengah pada 25-27 Maret 2024. Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mendorong peningkatan ekosistem halal dengan penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayahnya.

Salah satu upaya itu adalah melakukan kegiatan Jateng Halal Vaganza 2024 di halaman Kantor DPRD Provinsi Jawa Tengah pada 25-27 Maret 2024.

Event tersebut diselenggarakan oleh Pemprov Jateng dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jawa Tengah dengan menghadirkan puluhan pelaku UMKM.

“Kegiatan ini menjadi salah satu upaya mendorong pengembangan ekonomi syariah di Jateng dan wadah ekosistem halal yang ramah bagi UMKM dan masyarakat," kata Nana Sudjana saat membuka acara, Senin (25/3/2024).

Nana menjelaskan potensi ekonomi syariah sangat besar di Indonesia termasuk di Jawa Tengah.

Jumlah penduduk  muslim di Indonesia mencapai sekitar 236 juta jiwa atau sekitar 86,7 persen. Sementara untuk di Jawa Tengah sendiri setidaknya ada 35,6 juta jiwa penduduk muslim.

“Sektor industri halal mulai dilirik. Ini kesempatan menciptakan ekosistem halal bukan hanya sebatas label halal, tetapi pada pemenuhan kaidah dan standar kesehatan serta kualitas barang dan jasa konsumsi," katanya.

Pun demikian, jumlah UMKM di Jawa Tengah yang sangat besar. Oleh karena itu, potensi untuk menciptakan ekosistem halal dan ekonomi syariah sangat penting, baik di Jawa Tengah maupun di Indonesia.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mendorong peningkatan ekosistem halal dengan penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News