Penjelajah Samudra Masih Harus Opname

Penjelajah Samudra Masih Harus Opname
Jose Salvador Alvarenga alias Jose Ivan dikawal petugas medis di Kepulauan Marshall. Foto: The Guardian

jpnn.com - MAJURO - Jose Salvador Alvarenga alias Jose Ivan batal meninggalkan Kepulauan Marshall. Seharusnya dia bertolak ke negara asalnya, El Salvador, Jumat (7/2). Tapi, pria yang baru saja menjelajahi Samudra Pasifik sekitar 13 bulan itu belum sehat benar. Pemerintah Marshall menganggap dia masih terlalu lemah.

"Dia memang sudah boleh meninggalkan rumah sakit hari ini (7/2). Tapi, dia masih harus banyak beristirahat," kata salah seorang staf Majuro Hospital.

Alvarenga masuk rumah sakit dan menjalani perawatan intensif pada Kamis sore (6/2). Saat itu dia mengeluh sakit punggung. Kaki dan tangan pria 37 tahun tersebut juga bengkak. Menurut tim dokter Majuro Hospital, dia belum bisa melakukan perjalanan jauh.

Pihak rumah sakit membekali Alvarenga dengan sejumlah obat dan vitamin. "Dokter juga memerintah dia supaya banyak minum dan banyak istirahat," ujar pejabat pemerintah setempat.

Berbeda dengan kondisi awal saat ditemukan, kondisi kesehatan Alvarenga drop dengan cepat pada Kamis (6/2). Senin lusa (10/2) Alvarenga harus kembali menjalani pemeriksaan medis di rumah sakit. Jika tekanan darahnya kembali normal dan dia tidak lagi mengalami dehidrasi, Pemerintah Kota Majuro akan mengizinkan Alvarenga pulang ke El Salvador.

Besar kemungkinan dia terbang ke Honolulu pada Senin malam. Selanjutnya, dari Honolulu dia akan melanjutkan penerbangan ke El Salvador. (AFP/AP/hep/c4/tia)

 


MAJURO - Jose Salvador Alvarenga alias Jose Ivan batal meninggalkan Kepulauan Marshall. Seharusnya dia bertolak ke negara asalnya, El Salvador, Jumat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News