Penjualan Semester I Toyota Tumbuh 8 Persen

Penjualan Semester I Toyota Tumbuh 8 Persen
Penjualan Semester I Toyota Tumbuh 8 Persen
JAKARTA - Meski sempat terkena dampak parah dari musibah gempa dan tsunami di Jepang, penjualan Toyota di Indonesia sepanjang semester I tahun ini tetap mengalami pertumbuhan. Hanya saja berada di bawah pasar yang pada periode enam bulan pertama 2011 ini pertumbuhannya sekitar 12 persen.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Joko Trisanyoto, mengatakan penjualan Toyota sepanjang semester awal tahun ini mengalami kenaikan 8,5 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Landainya pertumbuhan saat ini merupakan dampak parah akibat gempa dan tsunami di Jepang yang terjadi Maret 2011 lalu. Produksi merosot tajam terutama pada bulan Mei dan Juni karena pasokan beberapa komponen utama dari Jepang sempat terhenti. "Dampak tsunami (di Jepang) memang cukup parah," ucapnya di taman Eco Park, Ancol, Sabtu (02/07).

Sebagai perbandingan, pada tahun lalu di periode yang sama penjualan Toyota melesat dengan pertumbuhan 77,4 persenmenjadi 140.369 unit (termasuk brand premium Lexus) dibandingkan 2009 sebanyak 79.151 unit. Sementara dari Januari sampai Juni 2011 ini penjualan wholesales Toyota mencapai 152 ribu unit belum termasuk Lexus sebanyak 395 unit. "Sementara untuk market secara keseluruhan estimasi (wholesales) sekitar 415 ribu unit. Market tumbuh 12 persen dari tahun lalu," ujarnya.

JAKARTA - Meski sempat terkena dampak parah dari musibah gempa dan tsunami di Jepang, penjualan Toyota di Indonesia sepanjang semester I tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News