Pentingnya Continuity of Care Bagi Pasien, Harus Ditangani Profesional Medis

Pentingnya Continuity of Care Bagi Pasien, Harus Ditangani Profesional Medis
Perayaan ulang tahun Kavacare yang ke-2 di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Foto: Romaida/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Layanan konsultan medis Kavacare baru saja merayakan ulang tahun yang ke-2.

Dalam momen tersebut, Kavacare membahas tentang pentingnya perawatan multidisipliner berkelanjutan atau continuity of care (CoC) dalam penyembuhan pasien.

Continuity of care adalah proses perawatan lanjutan yang perlu dilakukan setelah mendapatkan pengobatan dari fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit atau klinik.

Proses ini seharusnya dilakukan tim profesional dan disupervisi oleh dokter berpengalaman yang secara kooperatif terus terlibat dalam manajemen perawatan.

Sejak 2022, Kavacare selaku konsultan medis telah membantu lebih dari 1300 pasien untuk menjalani perawatan di rumah melalui layanan kesehatan seperti homecare dan telemedicine.

CEO dan Co-Founder Kavacare, dokter Eddy Wiria mengungkapkan pihaknya menghubungkan pasien dengan medis profesional yang terdiri dari dokter penanggung jawab, perawat, hingga fisioterapis tersertifikasi dalam perawatan.

Dia menjelaskan fase perawatan lanjutan di rumah, sama pentingnya ketika dalam pengobatan di rumah sakit, terutama bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit berat seperti strok atau kanker.

Continuity of Care untuk memperbaiki kualitas hidup dan menekan rawat inap di rumah sakit,” kata Dokter Eddy kepada awak media di Rawamangun, Jakarta Timur, belum lama ini.

Pentingnya Continuity of Care bagi pasien, harus ditangani dengan tepat oleh profesional medis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News