Penyelundupan 222 Kilogram Sabu-Sabu Jaringan Indonesia-Malaysia Digagalkan

Penyelundupan 222 Kilogram Sabu-Sabu Jaringan Indonesia-Malaysia Digagalkan
Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Brigjen Krisno Siregar (tengah). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri bekerja sama dengan Ditresnarkoba Polda Aceh serta Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan mengungkap kasus peredaran gelap narkoba jenis sabu-sabu jaringan Indonesia-Malaysia.

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar mengatakan pengungkapan kasus itu dilakukan pada 16 Desember 2021. Saat itu, ujar dia, polisi menangkap dua orang, HB (26) dan FR (40). 

"Sekitar pukul 18.30 di perairan pesisir Simpang Ulim, Aceh Timur, sekitar 3 mil dari pantai, tim melakukan pengejaran terhadap Kapal Oskadon yang dicurigai usai menjemput narkoba ke perairan Malaysia," ujar Brigjen Krisno kepada wartawan, Kamis (23/12).

Dalam kapal itu, petugas menemukan 15 kardus dan lima tas berisi 222 kilogram sabu-sabu, 200.000 butir ekstasi, dan 4.750 butir happy five. Seusai menangkap HB dan FR, petugas mengejar SJ (48). Pelaku SJ ini bertugas memerintahkan HB dan FR menjemput sabu-sabu ke perairan Malaysia. 

"Lalu, pada Jumat (17/12), tim menangkap tersangka SJ di Kecamatan Peusangan, Bireuen," ujarnya.

Selanjutnya, tim melakukan penggeledahan di rumah SJ di Desa Jangka Keutapang, Kecamatan Jangka, Biruen. 

Tim menemukan satu karung yang berisi 12 kilogram sabu-sabu. 

SJ mengaku bahwa dia dikendalikan oleh SF alias HT. Kini SF alias HT masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) polisi. 

Penyelundupan 222 kilogram sabu-sabu oleh jaringan Indonesia-Malaysia digagalkan, Tiga tersangka ditangkap, satu orang lain masih diburu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News