Perangi Polio, WHO Butuh USD1 Miliar

Perangi Polio, WHO Butuh USD1 Miliar
Perangi Polio, WHO Butuh USD1 Miliar
JENEWA - Organisasi Kesehatan Sedunia, WHO mengumumkan strategi baru untuk memerangi virus polio. Pembasmian polio secara global menjadi konsen WHO pasca diberlakukannya situasi darurat polio global atas merebaknya virus ini di beberapa negara. WHO juga memperingatkan bahwa kesenjangan pendanaan lebih dari USD 1 miliar mengancam kemajuan yang dicapai sejauh ini dalam pemberantasan endemik polio di Afrika dan Asia.

“Strategi kami kini bergeser menjadi usaha pencarian anak-anak yang belum mendapat vaksin. Inilah tujuan program ini sebenarnya.” ujar Bruce Aylward, Asisten Direktur Jenderal WHO seperti dikutip BBC.

 

Menurutnya, vaksinasi massal telah menghentikan penyakit syaraf otot yang melumpuhkan itu di banyak bagian dunia. Tetapi, di tempat di mana upaya terhenti, polio lantas muncul lagi. Karenanya WHO mengimbau bantuan dari negara-negara donor baru untuk mengatasi merebaknya virus ini di kawasan yang terpencil dan penyebaran virus polio yang terjadi di beberapa negara Asia dan Afrika.

“Apabila kekurangan dana ini dipenuhi, akan membuat para petugas kesehatan dan setiap orang bersatu memastikan  kampanye yang kita lakukan benar-benar berhasil, bahkan di tempat-tempat di mana keamanan dan kepercayaan sebelumnya masih merupakan isu besar,” ujar Orin Levine, Direktur Eksekutif Pusat Akses Vaksin Internasional.(esy/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Jamu Rambah Masyarakat Elit

JENEWA - Organisasi Kesehatan Sedunia, WHO mengumumkan strategi baru untuk memerangi virus polio. Pembasmian polio secara global menjadi konsen WHO


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News