Perawatan Esensial di Periode Emas Kehidupan Bayi

Perawatan Esensial di Periode Emas Kehidupan Bayi
Talkshow Perawatan Esensial di Momen Emas Kehidupan sang Buah Hati. Foto: Ist

jpnn.com - PERTUMBUHAN dan perkembangan anak di 1000 hari pertama kehidupannya, yaitu dimulai dari 270 hari masa kehamilan dan 730 hari (2 tahun) pertama setelah dilahirkan merupakan masa yang penting.

Pada periode itu, terjadi perkembangan otak yang sangat pesat sehingga masa 1000 hari pertama kehidupan tersebut sering disebut sebagai momen emas pertumbuhan sang buah hati/anak.

Yang perlu diperhatikan oleh orang tua pada momen emas tersebut adalah nutrisi yang seimbang dan stimulasi yang tepat, karena dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Imunisasi dan perawatan yang tepat juga dibutuhkan untuk kesehatan anak. Selain nutrisi dan stimulasi, perawatan kulit sang buah hati juga memerlukan perawatan khusus karena kulit bayi khususnya yang baru lahir sangat halus dan lembut, sehingga penting bagi ibu untuk menjaga kebersihan kulit dan memilih produk yang ramah terhadap kulit bayi.

“1000 hari pertama kehidupan buah hati dimulai dari 270 hari di dalam kandungan dan 730 hari setelah lahir. 730 hari ini pun dibagi kembali ke dalam fase 0-12 bulan dan 12-24 bulan. Ini adalah masa penting bagi perkembangan otak sang buah hati, serta pertumbuhan dan perkembangan buah hati sehingga disebut sebagai momen emas," ujar dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH.

Menurutnya, nutrisi yang seimbang dan stimulasi yang tepat bisa mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, kondisi kesehatan kulit bayi juga memerlukan perawatan khusus, karena kulit bayi berbeda dengan orang dewasa.

"Kulit bayi lebih tipis dan lebih sensitif dibandingkan kulit dewasa, sehingga pada momen emas tersebut, penting bagi ibu untuk menjaga kebersihan kulit dan memilih produk yang ramah dengan kulit bayi yang sensitif,” lanjutnya.

Sementara itu, Anis Dwinastiti, General Manager Marketing Pigeon Indonesia mengatakan Pigeon yang telah lebih dari 60 tahun menemani dan memahami kebutuhan ibu dan sang buah hati tersebut, senantiasa memiliki komitmen untuk melakukan inovasi dalam mempersembahkan produk yang berkualitas.

Terjadi perkembangan otak yang sangat pesat sehingga masa 1000 hari pertama kehidupan tersebut sering disebut sebagai momen emas pertumbuhan anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News