Percepat Pemeriksaan Berkas FR

Percepat Pemeriksaan Berkas FR
Terusan jalan Frontage Road yang mandek. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Pembebasan lahan frontage road (FR) terus dikebut. Pemkab menargetkan akhir bulan ini seluruh berkas frontage road (FR) dinyatakan lengkap. Dengan begitu, bulan depan tahapan pembayaran ganti rugi sudah berjalan.

Sekda Sidoarjo Achmad Zaini menyatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR). Dia meminta seluruh berkas FR yang sudah terkumpul segera diperiksa. ''Langkah percepatan harus dilakukan agar lahan segera dikuasai pemkab,'' ucapnya kemarin (22/8).

Menurut dia, percepatan pengumpulan kelengkapan dokumen memang harus dilakukan. Sebab, dari 266 berkas yang sudah terkumpul, sejauh ini baru 86 yang dinyatakan lengkap. Sisanya, 180 berkas, belum lengkap. Zaini tidak ingin pembebasan lahan kembali tersendat. ''Karena tahun depan pembangunan fisik mulai berjalan,'' tuturnya.

Nah, sebagai langkah percepatan, dia meminta petugas PUPR dan kantor pertanahan segera turun ke lapangan. Mendatangi warga yang belum melengkapi dokumen. ''Harus jemput bola turun ke lapangan,'' paparnya.

Pemeriksaan berkas juga harus dipercepat. Caranya, menambahkan petugas pemeriksa. Tujuannya, dokumen yang sudah lengkap bisa langsung diproses. Jika sesuai target, seluruh lahan milik warga akan dibebaskan bulan depan. Tahapan selanjutnya pembongkaran bangunan. Setelah itu, baru pengerjaan fisik jalan.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Sidoarjo Sigit Setyawan menjelaskan bahwa pihaknya berupaya mempercepat pembebasan lahan. Jauh-jauh hari dinas PUPR melakukan serangkaian kegiatan. Salah satunya mengadakan sosialisasi pembangunan FR ke warga. ''Mayoritas sepakat pemkab membangun FR,'' paparnya.

Pemeriksaan dokumen juga dikebut. Setelah memastikan 86 berkas lengkap, Kantor Pertanahan Sidoarjo dan dinas PUPR segera memeriksa berkas yang lain.

Sigit menuturkan, pekerjaan pembebasan lahan itu tidak menunggu seluruh dokumen tuntas diperiksa. Berkas yang dinyatakan lengkap oleh Kantor Pertanahan Sidoarjo langsung masuk tahap appraisal. ''Dengan begitu, bulan depan bisa penyampaian hasil appraisal dan pembayaran,'' paparnya.

Sebab, dari 266 berkas yang sudah terkumpul, sejauh ini baru 86 yang dinyatakan lengkap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News