Pergerakan Perempuan Saudi Bisa Dipantau Lewat SMS

Pergerakan Perempuan Saudi Bisa Dipantau Lewat SMS
Pergerakan Perempuan Saudi Bisa Dipantau Lewat SMS
RIYADH - Sebuah penemuan tentang sistem elektronik yang mampu memantau pergerakan perempuan Saudi Arabia membuat geger jagad Twitter. Sistem tersebut mampu mengirim pesan SMS ke lelaki pengawas wanita jika perempuan Saudi telah melintasi perbatasan tanpa ditemani muhrimnya.

Dilaporkan BBC, Jumat (23/11), sistem tersebut menarik perhatian ketika seorang laki-laki yang bepergian dengan istrinya mendapatkan pesan saat mereka meninggalkan bandara Riyadh. Perempuan Saudi tidak memiliki hak untuk bepergian tanpa pendamping laki-laki mereka dan juga dilarang mengemudi.

Sebelumnya, laki-laki di Arab Saudi mempunyai pilihan untuk meminta pesan singkat berupa peringatan mengenai istri, anak perempuan atau muhrimnya yang bepergian melewati perbatasan. Tetapi sistem itu diterapkan secara otomatis sejak pekan lalu.

Sejumlah pengguna situs jejaring Twitter telah mengecam langkah ini dan berkomentar sinis. Bahkan para pengguna Twitter juga menyindir dengan menyarankan pemerintah Saudi agar menempelkan microchips dan gelang kaki untuk melacak keberadaan perempuan di negara itu.

RIYADH - Sebuah penemuan tentang sistem elektronik yang mampu memantau pergerakan perempuan Saudi Arabia membuat geger jagad Twitter. Sistem tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News