Peringatan Dini dari BMKG Buat Warga Jatim, Waspada

Peringatan Dini dari BMKG Buat Warga Jatim, Waspada
Petugas melakukan pemeriksaan cuaca di BMKG Juanda. Foto: Dok. Antara

jpnn.com, SIDOARJO - BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini terkait dengan sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim) yang berpotensi dilanda angin kencang.

BMKG mengimbau masyarakat lebih waspada.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan dari pantauan citra satelit yang dilakukan pada hari ini tercatat beberapa daerah di Jawa Timur berpotensi dilanda angin kencang.

"Waspada terhadap hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah di Jawa Timur," katanya, Senin.

Dia mengatakan beberapa wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang pada pagi hari ialah Kabupaten Malang, Probolinggo, dan Bondowoso.

"Kemudian pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo," ujarnya.

Teguh mengatakan secara umum suhu udara di Jawa Timur berkisar antara 14-36 derajat celsius, kelembapan udara berkisar antara 45-100 persen dengan kecepatan angin dominan dari tenggara ke timur dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam.

"Waspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, tanah longsor dan juga banjir terutama saat peralihan dari musim kemarau ke musim hujan seperti sekarang ini," katanya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengimbau warga Jatim lebih waspada sepanjang hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News