Peringatan Hari Konstitusi Digelar Secara Sederhana di Tengah Pandemi Covid-19

Peringatan Hari Konstitusi Digelar Secara Sederhana di Tengah Pandemi Covid-19
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Peringatan Hari Konstitusi yang digelar MPR RI di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/8) dilaksanakan dalam suasana yang tidak biasa, yakni di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Hari Konstitusi tahun ini mengambil tema ‘Kita Laksanakan UUD NRI Tahun 1945 Untuk Wujudkan Indonesia Maju’.

Peringatan pun dilakukan secara lebih sederhana dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat termasuk pemberlakuan pembatasan peserta dan jaga jarak.

Walaupun begitu, suasana acara yang dibuka secara resmi oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo tepat pukul 10.00 WIB itu terasa sangat istimewa, sebab dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin.

Sebelumnya dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya diiringi alunan musik dari grup Gita Mahaswara Orchestra dan Gita Swarananta Choir Sekolah Intelijen Negara (STIN).

Para Wakil Ketua MPR juga turut hadir secara fisik yakni Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syariefuddin Hasan, Arsul Sani serta hadir secara virtual Zulkifli Hasan, Hidayat Nur Wahid, dan Fadel Muhammad.

Terlihat pula Pimpinan Fraksi-Fraksi dan Kelompok DPD di MPR, Pimpinan Badan Sosialisasi, Pimpinan Badan Pengkajian, Pimpinan Badan Penganggaran, Pimpinan Komisi Kajian Ketatanegaraan. Juga para tamu kehormatan antara lain Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua MA yang hadir secara virtual. Menkopolkam Mahfud MD, para Wakil Ketua DPR, Ketua BPK, Ketua MK, Ketua KY serta perwakilan Kapolri dan Panglima TNI hadir secara fisik.

Meskipun digelar secara sederhana, Hari Konstitusi menarik minat dan antusiasme banyak elemen masyarakat untuk menyemarakkan momen penting bangsa tersebut dengan menyaksikannya melalui streaming live di media sosial.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir secara virtual dalam peringatan Hari Konstitusi tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News