Peristiwa Langka, Ada Kulminasi Matahari di Pontianak

Peristiwa Langka, Ada Kulminasi Matahari di Pontianak
Ilustrasi gerhana. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com - Fenomena alam yang menarik bakal terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat pada 21 - 23 Maret 2017. Yakni, kulminasi matahari yang merupakan salah satu peristiwa langka di Tugu Khatulistiwa Pontianak tepat pukul 11.38 WIB.

Ini mirip gerhana matahari total (GMT) yang hanya terjadi di beberapa tempat dan terbatas waktunya.

”Ini bisa menjadi momentum pariwisata yang hebat. Kami akan promosikan agar menghadirkan wisatawan di Pontianak. Karena Pontianak dilintasi garis matahari, pada nol detik, nol menit, dan nol derajat. Dalam satu tahun peristiwa ini hanya terjadi dua kali yakni pada 21-23 Maret dan 21-23 September. Anda ingin tahu? Silakan mengunjungi Kota Khatulistiwa,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pontianak Hilfira Hamid.

Menpar Arief Yahya menyebut, fenomena alam yang langka itu idealnya dipromosikan jauh-jauh hari. Sebab, wisatawan yang tertarik dengan peristiwa seperti ini biasanya berbasis kampus.

Mahasiswa, dosen, peneliti, dan ilmuwan yang ingin mengabadikan peristiwa itu. “Dan mereka selalu merencanakan lebih lama, meskipun waktunya sangat pendek,” jelas Arief.

Dia mencontohkan GMT yang dipuji di banyak negara karena promosinya yang menggoda. Lalu dibuat berbagai event di 12 kota yang dilintasi peristiwa GMT itu. Hasilnya, penginapan dan akses pesawat menuju ke lokasi 12 kota itu benar-benar penuh.

Hilfira menjelaskan, kulminasi matahari adalah fenomena alam ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa.

Misteri alam dari gelaja alam tersebut adalah saat terjadi kulminasi, posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di permukaan bumi. 

Fenomena alam yang menarik bakal terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat pada 21 - 23 Maret 2017. Yakni, kulminasi matahari yang merupakan salah satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News