Perjuangkan Vaksin untuk Negara Berkembang

Janji Menkes Saat Sidang WHO 2010

Perjuangkan Vaksin untuk Negara Berkembang
Siti Fadilah Supari. Foto: JP
JAKARTA - Menindak lanjuti resolusi yang dihasilkan pada World Health Assembly (WHA) di Jenewa Swiss pada 18-22 Mei lalu, Menkes Siti Fadilah Supari berjanji akan memperjuangkan virus sharing pada sidang WHO 2010 nanti.

    

Sebab, kali ini, Menkes ditunjuk sebagai wakil ketua 1 dalam sidang itu. Menkes berjanji memperjuangkan sistem baru virus sharing yang 90 persen telah disetujui agar segera diberlakukan.

    

Sebagaimana diketahui, pada WHA ke-62 beberapa hari lalu, menghasilkan resolusi yang meminta agar Dirjen WHO memfinalisasi benefit sharing dan standard material transfer agreement (SMTA). Proses finalisasi itu harus selesai dan selanjutnya dilaporkan pada sidang executive board WHO ke-126 pada Januari 2010. "Karena itu saya akan berusaha memperjuangkan agar sistem itu segera diberlakukan," terang Menkes.

    

Apalagi, Indonesia menjadi negara pelopor hingga tercetus resolusi itu. Resolusi itu mendapat dukungan luas dari negara berkembang seperti, Argentina, Bangladesh, Brazil, Cili, Kuba, Venezuela, Iran, Sri Lanka, maupun Timor Leste.

    

JAKARTA - Menindak lanjuti resolusi yang dihasilkan pada World Health Assembly (WHA) di Jenewa Swiss pada 18-22 Mei lalu, Menkes Siti Fadilah Supari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News