Perluasan Pelabuhan Gili Mas Dibagi 4 Tahap

Perluasan Pelabuhan Gili Mas Dibagi 4 Tahap
Kapal pesiar. Foto: NCL

jpnn.com, LOMBOK - Kapal Pesiar (cruise) ditargetkan bisa bersandar di Pelabuhan Gili Mas, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pada Mei 2019.

Kapal tersebut nantinya akan bersandar di dermaga dengan luas 440 meter. Sedangkan secara keseluruhan pembangunan Pelabuhan Gili Mas akan selesai pada 2021.

Adapun perluasan Pelabuhan Gili Mas ini dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu tahap pertama pematangan lahan, tahap kedua pembangunan dermaga sepanjang 440 meter, tahap ketiga pembangunan fasilitas pendukung dan pembangunan marina, tahap keempat pembangunan dari sisi operasional.

"Dilihat dari aspek legalitas, pembangunan Pelabuhan Gili Mas sudah memenuhi persyaratan karena sudah memiliki izin diantaranya izin lingkungan, izin pemanfaatan ruang, izin reklamasi serta rekomendasi keselamatan pelayaran," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi lewat siaran persnya.

Pada kesempatan tersebut, mantan dirut AP II ini juga berpesan untuk selalu memperhatikan beberapa aspek, salah satunya keselamatan dalam bekerja.

"Saya pesan agar PT Pelindo III selalu memperhatikan aspek-aspek yaitu time table yang dilaksanakan, kedua itu keselamatan kerja harus dipenuhi, ketiga jangan ada friksi dengan lingkungan, yang keempat jika ada hambatan-hambatan segera dibahas dan diselesaikan bersama," tandas Budi.(chi/jpnn)


Pembangunan Pelabuhan Gili Mas ditargetkan akan selesai pada 2021 mendatang, dengan begitu bisa meningkatkan jumlah wisatawan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News