Perlukah Berkeringat Banyak untuk Menurunkan Berat Badan?

Perlukah Berkeringat Banyak untuk Menurunkan Berat Badan?
Ilustrasi olahraga. Foto: Pixabay

jpnn.com - Menyelesaikan latihan/olahraga yang bermandikan keringat memang terasa seperti Anda mendapatkan lencana kehormatan, tetapi itu bisa membuat Anda bertanya-tanya apakah olahraga yang tidak membuat berkeringat masih bisa membantu untuk menurunkan berat badan, membentuk tubuh, dan mencapai tujuan kebugaran.

Tetapi ketika Anda memiliki tujuan spesifik dalam pikiran (menurunkan berat badan, mendapatkan otot, meningkatkan daya tahan), Anda mungkin bertanya-tanya apakah latihan yang tidak membuat Anda basah kuyup masih akan membantu Anda mencapai tujuan Anda tersebut?

Menurut Sander Rubin, MD, spesialis kedokteran olahraga di Northwestern Medicine, berkeringat sebenarnya tidak ada hubungannya dengan jumlah kalori yang mungkin Anda bakar.

"Berkeringat adalah indikator yang jauh lebih baik dari pengaturan suhu tubuh dibandingkan dengan kalori yang terbakar," kata Rubin, seperti dilansir laman MSN, Selasa (23/7).

Anda tidak boleh menggunakan berapa banyak keringat Anda sebagai indikator seberapa keras Anda berolahraga.

Ini lebih berkaitan dengan lingkungan Anda (apakah suhunya panas atau lembab di tempat Anda berolahraga) dan seberapa banyak tubuh Anda perlu berkeringat untuk mengatur suhu tubuh Anda, yang berbeda untuk semua orang.

"'Dengan kata lain, sangat mungkin untuk menurunkan berat badan tanpa adanya keringat dalam latihan Anda," jelas Rubin.

Bagaimana dengan penurunan berat badan yang merupakan akibat langsung dari keringat? Ini dikenal sebagai berat air, meskipun Dr. Rubin menunjukkan bahwa lebih banyak berkeringat dari pada air (garam, protein, urea, dan amoniak).

Apakah olahraga yang tidak membuat Anda berkeringat masih bisa membantu untuk menurunkan berat badan, membentuk tubuh, dan mencapai tujuan kebugaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News