Senin, 17 Juni 2019 – 05:47 WIB

Persentase Tertinggi Caleg Perempuan Lolos ke Senayan dari Partai Apa?

Kamis, 13 Juni 2019 – 07:05 WIB
Persentase Tertinggi Caleg Perempuan Lolos ke Senayan dari Partai Apa? - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah perempuan yang menjadi anggota DPR hasil Pemilu 2019 diprediksi mengalami rebound. Setelah pada periode sebelumnya mengalami penurunan. Pengaturan nomor urut caleg menjadi salah satu penentu meningkatnya jumlah srikandi yang lolos ke Senayan.

--

JAWA Pos meneliti satu per satu formulir pencatatan hasil rekapitulasi di 80 daerah pemilihan. Hasilnya, sedikitnya ada 112 caleg perempuan DPR yang lolos ke Senayan. Jumlah itu setara 19,5 persen dari kuota kursi DPR.

Tentu dapil-dapil di Pulau Jawa tetap mendominasi, dengan meloloskan sedikitnya 70 perempuan menjadi wakil rakyat.

Hampir sama, Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI) melalui publikasinya juga menyebut caleg perempuan terpilih mencapai 20,5 persen. Jika dikonversikan dalam kursi, jumlahnya 118. Partai Nasdem mencatatkan persentase tertinggi, di mana 32,2 persen caleg terpilih mereka adalah perempuan.

Secara keseluruhan, hampir dipastikan jumlah perempuan di DPR mendatang meningkat dibandingkan periode 2014. Pada periode tersebut, jumlah anggota DPR perempuan mencapai 97 dari total 560 anggota. Atau 17,3 persen dari keseluruhan anggota.

BACA JUGA: Mundur dari Gerindra, Bupati Hadapi Kritikan Tajam dari Mantan Rekannya

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, capaian itu merupakan salah satu baik dari hasil Pemilu 2019. Sebab, masih ada partisipasi pemilih yang tahun ini nyaris menyentuh 82 persen. Juga jumlah gugatan sengketa hasil pemilu yang berkurang dibandingkan periode sebelumnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar