Pertamina dan ExxonMobil Tuntaskan Kesepakatan Penjualan Aset

Pertamina dan ExxonMobil Tuntaskan Kesepakatan Penjualan Aset
Pertamina dan ExxonMobil Tuntaskan Kesepakatan Penjualan Aset

jpnn.com - JAKARTA – Irak Eksplorasi Produksi, anak perusahaan PT Pertamina telah menuntaskan penyelesaian kesepakatan penjualan aset dengan ExxonMobil Iraq Limited untuk 10 persen hak partisipasi di West Qurna I, Irak.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan menjelaskan dalam hal ini ExxonMobil tetap sebagai kontraktor utama dengan menguasai 25 persen hak partisipasi di West Qurna I.

Pemindahan hak partisipasi ini kata Karen telah disetujui oleh South Oil Company, Oil Exploration Company Iraq dan Shell West Qurna B.V, sebagai anggota konsorsium kontraktor West Qurna I.

"Akuisisi ini memberikan kesempatan yang menarik bagi Pertamina untuk memperkuat kompetensi dan pengalamannya dari usaha di luar negeri," ujar Karen dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/11).

Partisipasi Pertamina di konsorsium kontraktor West Qurna I ini, lanjut Karen, merupakan batu loncatan untuk mencapai visi perusahaan menjadi perusahaan energi kelas dunia.

“Aksi korporasi ini merupakan tonggak strategis bagi Pertamina dalam memperluas keberadaan bisnisnya di mancanegara, khususnya di Negara dengan sumberdaya minyak dan gas yang melimpah seperti Irak," papar dia.

Di samping itu, ekspansi Pertamina ke luar negeri ini juga dilakukan untuk mendukung pemerintah di Indonesia. "Terutama dalam menjaga serta memperkuat ketahanan energi Indonesia yang berkelanjutan," tutup Karen. (chi/jpnn)

JAKARTA – Irak Eksplorasi Produksi, anak perusahaan PT Pertamina telah menuntaskan penyelesaian kesepakatan penjualan aset dengan ExxonMobil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News