Pertanian dan Ritel Tradisional Prospektif

Pertanian dan Ritel Tradisional Prospektif
Pertanian dan Ritel Tradisional Prospektif
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu punya prediksi untuk sektor usaha yang bakal tumbuh selama 2009.  Menurutnya, ada dua sektor yang bakal mengalami pertumbuhan, yakni pertanian dan ritel tradisional.

Namun, pertumbuhan sektor tersebut, terutama pertanian tetap bergantung komitmen pemerintah dalam pemberian subsidi benih dan pupuk. "Selama itu dijalankan (pemberian subsidi benih dan pupuk), petani masih akan menanam," papar Mendag saat menjadi pembicara dalam seminar Turbulensi Ekonomi 2009: Menciptakan Peluang Menghadapi Krisis Global Kamis (12/2).

    

Sektor ritel tradisional juga dipastikan terus tumbuh karena sekitar 70-80 persen masyarakat masih berbelanja di pasar tradisional. Mendag menjelaskan, salah satu fokus kebijakan pemerintah dalam mengamankan pertumbuhan ekonomi saat krisis adalah, menguatkan sektor riil dan mengurangi kemiskinan. "Pengamanan sektor riil dan pasar dalam negeri menjadi kunci pertumbuhan ekonomi selama krisis," ungkapnya.

    

Karena itu, Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang tahun lalu anggarannya sekitar Rp 12 triliun, telah naik dua kali lipat menjadi Rp 24 triliun. Program tersebut merupakan salah satu cara pemerintah agar sektor riil dan UKM tetap bergerak. "Bank pemerintah yang melaksanakan, memberi kredit pada UKM tanpa agunan karena dijamin pemerintah," cetusnya.

    

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu punya prediksi untuk sektor usaha yang bakal tumbuh selama 2009.  Menurutnya, ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News