Pertanyaan Penting, Kenapa Banyak Pria Muda Enggan Divaksinasi COVID-19?

Pertanyaan Penting, Kenapa Banyak Pria Muda Enggan Divaksinasi COVID-19?
Apa yang diceritakan Nicki Minaj sudah dijelaskan secara medis oleh para pakar kesehatan dunia. ()

jpnn.com - Selasa kemain, penyanyi ternama Nicki Minaj mengajukan pertanyaan yang mungkin belum ada dalam pikiran kita sebelumnya: Apakah Vaksin COVID-19 bisa membuah buah zakar membengkak sampai membuat tunangan mereka membatalkan pernikahan?

Tentunya cerita Nicki tidak bisa dijadikan sumber informasi yang akurat soal vaksin atau menjadi alasan yang benar jika tidak mau divaksinasi.

Tidak ada bukti ilmiah dan medis jika vaksin COVID bisa menyebabkan pembengkakan buah zakar.

Sejumlah pakar kesehatan menyanggah unggahan tersebut, bahkan beberapa membuat unggahan yang lucu dengan cepat menyebar di internet untuk menanggapinya.

Dokter Sandro Demaio, direktur eksekutif dari lembaga VicHealth di Melbourne, mengatakan apa yang diklaim Nicki Minaj sepenuhnya salah.

Malah menurutnya dengan tidak divaksinasi COVID bisa membuat para pria berisiko mengalami masalah reproduksi.

"COVID-19 memiliki dampak komplikasi yang sangat serius, terutama karena varian Delta … tentunya selain kematian, juga di kalangan pria muda terkait dengan impotensi dan gangguan ereksi," kata Dr Demaio kepada program Hack milik ABC.

Dr Demaio juga mengatakan  COVID-19 dapat berdampak pada fungsi seksual dan kesejahteraan psikologis pria.

Di kalangan perempuan, 51,1 persen perempuan berusia 20 hingga 24 tahun sudah mendapatkan dosis pertama vaksin COVID, sementara di kalangan pria hanya 43,5 persen.

Sumber ABC Indonesia