Pertumbuhan Ekonomi Kalbar Turun

Pertumbuhan Ekonomi Kalbar Turun
Pertumbuhan Ekonomi Kalbar Turun
PONTIANAK – Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat tiga bulan terakhir ini menurun jika dibandingkan dengan periode Januari – April. Berdasarkan data resmi Badan Puasat Statistik Provinsi Kalbar, pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kalbar pada triwulan II minus 1,28 persen dibanding triwulan I (q-to-q).

“Penurunan ini disebabkan oleh menurunnya kinerja di sektor pertanian sebesar minus 16,63 persen,” ujar Kepala BPS Kalbar, Iskandar Zulkarnain.

Namun, jika pembandingnya adalah periode yang sama dengan tahun lalu, PDRB Kalbar meningkat 5,42 persen. Pun secara komulatif, pertumbuhan semester satu tahun 2011 naik menjadi 5,28 persen dibanding enambulan pertama tahun lalu.

Sektor pertumbuhan yang tertinggi (q-to-q) adalah sektor jasa, kontruksi, pertambangan-penggalian. Sementara untuk pertumbuhan year on year, sektor pengangkutan dan komunikasi peningkatannya tembus 12,29 perseb, diikuti sektor pertambangan-penggalian, dan konstruksi. PDRB Kalbar triwulan II tahun ini didukung oleh komponen impor sebesar 13 persen dan pembentukan modal tetap bruto sebesar 12 persen, dan ekspor sebesar 12 persen.

PONTIANAK – Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat tiga bulan terakhir ini menurun jika dibandingkan dengan periode Januari – April. Berdasarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News