Pertumbuhan Sektor Pertanian 3,54 Persen

Menkeu: Cukup Tinggi dalam Sejarah Perekonomian Indonesia

Pertumbuhan Sektor Pertanian 3,54 Persen
Pertumbuhan Sektor Pertanian 3,54 Persen
JAKARTA - Sektor pertanian masih menjadi salah satu sektor prioritas yang mendapat perhatian pemerintah. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, sektor ini disebutkan mengalami pertumbuhan sekitar 3,54 persen. Bahkan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengklaim bahwa pertumbuhan sektor pertanian ini bisa disebut sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah perekonomian Indonesia.

Hal ini disampaikan Sri dalam rapat paripurna DPR RI tentang pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara tahun anggaran 2008, Kamis (3/3), di ruang sidang paripurna DPR RI, Jakarta. "Pertumbuhan sektor pertanian dalam lima tahun terakhir sebesar 3,54 persen, termasuk cukup tinggi dalam sejarah perekonomian Indonesia. Kita juga telah mencapai swasembada beras dan secara bertahap melalui kebijakan sektor dan dukungan anggaran, komoditas pangan lain juga menuju pada tingkat swasembada," kata Sri.

Sri pun menyatakan bahwa pemerintah sangat serius memperhatikan program revitalisasi pertanian. Kesungguhan pemerintah itu katanya, diwujudkan dengan peningkatan subsidi pupuk dan benih untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan. Pemerintah, kata Sri pula, terus menyempurnakan mekanisme penyaluran subsidi pupuk serta benih, agar ketersediaannya dapat memenuhi unsur tepat waktu, tepat jumlah, tepat tempat, tepat jenis, serta tepat mutu dan tepat harga.

"Pemerintah juga telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET), agar petani memperoleh pupuk dengan harga lebih murah dibandingkan harga ekonomisnya, sehingga dapat mengurangi biaya produksi usaha tani. Pemerintah tidak pernah menaikkan HET sejak tahun 2006," tegas Sri.

JAKARTA - Sektor pertanian masih menjadi salah satu sektor prioritas yang mendapat perhatian pemerintah. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, sektor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News