Perusahaan Pembuang Limbah APD ke Kabupaten Bogor Teridentifikasi, Siap-siap Saja

Perusahaan Pembuang Limbah APD ke Kabupaten Bogor Teridentifikasi, Siap-siap Saja
Tumpukan limbah medis yang ditemukan petugas di Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa (2/2/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)

jpnn.com, CIBINONG - Kapolres Bogor AKBP Harun mengeklaim sudah mengantongi identitas perusahaan yang membuang puluhan kantong sampah berisi limbah APD (alat pelindung diri) Covid-19.

Sampah yang tergolong limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) itu sebelumnya dibuang secara sembarangan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Intinya kami sudah mengantongi (nama) perusahaan tersebut dan ini dalam tahap penyelidikan untuk lebih mengarah dan memastikan perusahaan tersebut," kata Kapolres di Cibinong, Bogor, Jumat (5/2).

AKBP Harun memastikan perusahaan yang diduga sebagai pihak yang membuang limbah B3 itu berasal dari luar wilayah Kabupaten Bogor.

Menurut Harun, pengolahan limbah medis memerlukan penanganan khusus dari pihak yang sudah bersertifikat.

Karena itu, ketika proses pengolahan limbah medis dilakukan tidak sesuai dengan prosedur, itu dapat dipastikan merupakan tindakan pidana.

"Yang kami periksa statusnya saksi, tetapi dia melihat langsung siapa pelaku yang membuang sampah limbah medis tersebut. Hanya belum bisa diekspos dan masih mengumpulkan alat bukti, jika sudah cukup bukti nanti kita sampaikan," tutur Harun.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menemukan tumpukan karung berisi sampah medis di dua lokasi lahan pertanian berbeda selama dua hari berturut-turut.

Kapolres Bogor AKBP Harun memastikan perusahaan pembuang limbah B3 APD berasal dari luar Kabupaten Bogor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News