Pesan Bams Eks Samsons Bagi Mahasiswa yang Ingin Jadi Pengusaha

Pesan Bams Eks Samsons Bagi Mahasiswa yang Ingin Jadi Pengusaha
Bams Samsons memberikan tips bagi mahasiswa yang ingin jadi pengusaha. Foto tangkapan layar YouTube Universitas Terbuka TV

jpnn.com, JAKARTA - Lulusan universitas dituntut bukan hanya pandai secara akademis, tetapi juga memiliki jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship.

Hal ini agar mereka nantinya bisa mandiri secara ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Ini cita-cita manajemen kami, bukan hanya mengantarkan mahasiswa sebagai insan yang sukses secara akademis, tetapi juga sukses di tengah masyarakat," kata  Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat dalam Studium Generale II FHISIP-UT: "Membangun Jiwa Enterpreneurship bagi Generasi Muda Indonesia", Selasa (29/3).

Mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur atau kewirausahaan akan mampu membangun diri sendiri sehingga ke depan bisa menjadi individu yang mandiri, berdaulat secara ekonomi.

Di sisi lain, keberadaan mereka akan membantu masyarakat luas melalui lapangan kerja yang diciptakannya.

"Apalagi perkembangan ekonomi kreatif tidak dapat terlepas dari peran generasi muda sebagai gudang kreativitas dan inovasi sebagai sumber daya produktif," ujar Prof. Ojat.

Ditambahkannya, saat ini dunia memasuki tatanan baru berbagai sendi kehidupan, termasuk dalam pendidikan di tanah air yang diakeselerasi oleh revolusi industri 4.0 dan pandemi yang mengubah seluruh tatanan kehidupan.

Pandemi ini mengubah cara belajar mengajar di dunia pendidikan yang awalnya dilakukan secara tradisional namun demi mencegah adanya penyebaran virus Covid-19 maka dilakukan secara online learning atau pendidikan jarak jauh (PJJ). 

Bams Samsons memberikan tips bagi mahasiswa termasuk mahasiswa Universitas Terbuka yang ingin jadi pengusaha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News