Pesan Bamsoet ke Pemerintah Sebelum Mengimpor Gula Lagi

Pesan Bamsoet ke Pemerintah Sebelum Mengimpor Gula Lagi
Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Dok JPNN.com)

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan, pemerintah harus berupaya ekstra dalam mewujudkan swasembada gula. Pernyataan Bambang itu sebagai respons atas rencana pemerintah mengimpor gula mentah (raw sugar) yang akan diolah untuk konsumsi rumah tangga.

Bamsoet -panggilan kondangnya- mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) seyogianya terlebih dahulu menyodorkan angka riil kebutuhan gula di dalam negeri. Hal yang tak boleh dilupakan adalah ketersediaan gula produksi petani.

“Kaji dulu kebutuhan gula mentah dalam negeri sebelum melakukan impor. Perhatikan stok gula saat ini dan masa panen tebu, agar impor gula mentah yang dilakukan tidak merugikan para petani tebu,” ujar Bamsoet di Jakarta, Rabu (18/7).

Legislator Partai Golkar itu juga meminta Kemenperin dan Kemendag konsisten dalam menerapkan aturan tentang importasi gula. Terlebih, sudah ada Keputusan Menteri Perindustrian Dan Perdagangan Nomor 643/MPP/KEP/9/2002 Tahun 2002 tentang Tata Niaga Gula Impor.

“Harus sesuai dengan aturan yang ada,” tegasnya.

Bamsoet menambahkan, hal lain yang perlu dilakukan saat ini adalah ekstensifikasi lahan tebu serta mendesak pengusaha agar melakukan revitalisasi pabrik gula. “Ini demi mendorong Indonesia mencapai swasembada gula konsumsi dan gula industri,” ucapnya.

Karena itu, Bamsoet meminta Kementan mencari solusi atas permasalahan yang dialami petani tebu. Antara lain kurangnya lahan tanam tebu, kesulitan dalam memperoleh bibit tebu unggul, persoalan pengairan, serta ketersediaan pupuk.

“Dengan demikian produksi gula dalam negeri meningkat dan kesejahteraan petani juga membaik. Karena banyak petani tebu yang beralih menjadi petani padi,” pungkasnya.

Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementan mencari solusi atas permasalahan yang dialami petani tebu demi mewujudkan swasembada gula.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News