Pesawat Jumbo ini Sengaja Ditenggelamkan, Tujuannya...

Pesawat Jumbo ini Sengaja Ditenggelamkan, Tujuannya...
Ilustrasi kawasan wisata Kusadasi. FOTO: Ephsus

jpnn.com - Karena jumlah wisatawan yang terus menurun, Pemerintah Turki mengambil terobosan. Mereka merelakan rangka pesawat Airbus Jumbo Jet ditenggelamkan di dasar Laut Aegean, yang berada di bagian selatan kota wisata Kusadasi, Aydin, Turki.

Bangkai pesawat  seharga 270 ribu Lira Turki atau setara Rp 1,2 miliar itu diharapkan mampu menjadi habitat flora dan fauna. Termasuk terumbu karang. ”Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan keragaman hayati bawah laut dan meningkatkan pariwisata bawah laut di wilayah ini,” kata Ozlem Cercioglu, Wali Kota Aydin.

Dengan ukurannya yang jumbo, pesawat sepanjang 54 meter dan rentang sayap 43 meter itu memang menjadi media yang tepat bagi pertumbuhan terumbu karang. Jika sudah terbentuk, tentu ini akan menjadi destinasi bawah laut yang menjanjikan.

Penenggelaman pesawat bukanlah yang pertama dilakukan pemerintah setempat. Sebelumnya ada tiga pesawat yang ditenggelamkan sebagai rumah bagi terumbu karang, namun ukurannya lebih kecil.

Dunia pariwisata Turki terus mengalami penurunan. Bahkan, jumlah kunjungan di bulan lalu menunjukkan tingkat terendah dalam 17 tahun terakhir. Disinyalir, hal itu terjadi karena ancaman keamanan dan ketegangan Turki dengan Rusia. (jpnn/pda)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News