Selasa, 23 Oktober 2018 – 20:57 WIB

Peta Pikiran, Antar Heri Jadi Guru Inovatif

Minggu, 14 Oktober 2018 – 13:48 WIB
Peta Pikiran, Antar Heri Jadi Guru Inovatif - JPNN.COM

jpnn.com, GRESIK - Muhammad Heri Priyanto sukses mengukir prestasi. Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Gresik itu berhasil menjadi juara tingkat Provinsi Jatim dan kini bersaing ke tingkat nasional. Berkat inovasi. 

Terobosan yang mengantar Heri ialah model pembelajaran dengan mind map (peta pikiran). Teknik untuk memaksimalkan daya kerja otak itu diterapkan sejak 2009. ''Pembelajaran dengan mind map ini juga meningkatkan semangat siswa,'' katanya. 

Mengapa? Sebab, jelas Heri, siswa tidak lagi memperhatikan bagaimana guru mengajar di depan kelas. Kalau seluruh jam pelajaran digunakan seperti itu, tentu siswa bosan. ''Akhirnya pelajaran malah tidak ditangkap," jelasnya.

Dalam pembelajaran mind map, siswa bekerja kelompok. Kurang lebih empat hingga lima siswa. Setiap kelompok membuat bagan. Mereka menentukan tema sendiri. ''Saya juga mengajarkan sejarah kebudayaan Islam (SKI). Belajar sejarah pasti menyenangkan dengan visualisasi," tambah lelaki kelahiran 1981 itu.

Heri menjelaskan, pembelajaran berbasis mind map memunculkan ide dan kreativitas siswa. Basisnya gambar. Para siswa akan mencari pertanyaan dan jawaban sendiri lewat media tersebut. Misalnya, siswa membuat bagan tentang sejarah para khalifah. Kemudian, materi itu dipresentasikan di depan siswa lain. 

Menurut guru yang tinggal di Kedamean tersebut, prestasi belajar siswa naik sejak dirinya menerapkan pembelajaran berbasis mind map. ''Tidak hanya nilai. Semangat dan antusiasme belajar siswa semakin menonjol," ujarnya. 

Rizaldi Adi, siswa yang juga ketua kelas XII IPA 2, mengatakan sulit menerima pelajaran jika suasana kelas terlalu kaku. Bagan-bagan dalam mind map menggugah rasa ingin tahu. Suasana kelas juga cair. ''Belajar jadi tidak membosankan," katanya.

Kepala MAN 2 Gresik Samari mengapresiasi prestasi Muhammad Heri Priyanto. Juga guru-guru lainnya. Dia mendukung inovasi pembelajaran mind map itu sampai maju ke tingkat nasional. ''Ini bisa menjadi inspirasi guru-guru lain," tuturnya. 

Dia menyatakan siap mendukung Heri untuk berlomba ke tingkat nasional. ''Kami akan memfasilitasi seluruh kebutuhan kompetisi. Ini demi optimalisasi potensi dan karir guru,'' kata Samari. (son/c7/roz) 

SHARES
TAGS   inovatif
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar