Petugas Gagalkan Penyelundupan 8 Ribu Liter Minyak Goreng ke Timor Leste

Petugas Gagalkan Penyelundupan 8 Ribu Liter Minyak Goreng ke Timor Leste
Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menunjukkan barang bukti minyak goreng yang siap diekspor. Dok Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersinergi dengan Satgas Pangan dan Bea Cukai Kementerian Keuangan berhasil menggagalkan penyelundupan minyak goreng ke Timor Leste.

Sedikitnya ada delapan kontainer dengan volume 8 ribu liter minyak goreng disita di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga yang juga menjabat sebagai Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Veri Anggrijono mengatakan keberhasilan ini berkat koordinasi dan sinergi antarlembaga pemerintah dalam menjalankan perintah Presiden RI Joko Widodo.

“Kementerian Perdagangan bersama Satgas Pangan dan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan akan menindak tegas setiap pelanggaran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan," ujar Veri.

Tertangkapnya oknum eksportir karena mengelabui dengan tidak mencantumkan minyak goreng dalam dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB). 

Dalam hal ini, Kemendag akan terus berkomitmen meningkatkan sinergi dan kerja sama antarlembaga dalam hal pengawasan dan penegakan hukum di bidang perdagangan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kepolisian RI, Kejaksaan, dan Ditjen Bea Cukai dalam melakukan penegakan hukum di bidang perdagangan," ucap Veri.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022 tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein, dan Used Cooking Oil, minyak goreng telah ditetapkan sebagai barang yang dilarang untuk diekspor terhitung sejak 28 April 2022.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersinergi dengan Satgas Pangan dan Bea Cukai berhasil menggagalkan penyelundupan minyak goreng ke Timor Leste.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News