PII: Kolaborasi Insinyur dan Dokter Dapat Mempercepat Penanggulangan Pandemi

PII: Kolaborasi Insinyur dan Dokter Dapat Mempercepat Penanggulangan Pandemi
Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto berbicara dalam webinar bertema Transformasi Peran Insinyur untuk Percepatan Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi Nasional di Jakarta, Jumat (18/6). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 menghadirkan permasalahan kesehatan dan ekonomi bagi Indonesia. Peningkatan kerja sama antara insinyur dan dokter maupun para pelaku di dunia kesehatan dapat mempercepat penanggulangan permasalahan kesehatan dan ekonomi bangsa.

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuka mata semua pihak bahwa Indonesia masih ketergantungan alat kesehatan dari luar negeri.

"Pandemi ini membuka pentingnya peran insinyur, dalam mendukung para dokter, sehingga kedua-duanya bisa menjadi pilar utama dalam perang melawan pandemi. Kolaborasi Insinyur dengan dokter adalah prasyarat mutlak bagi kemandirian industri Kesehatan nasional," kata Heru dalam webinar Transformasi Peran Insinyur untuk Percepatan Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi Nasional, Jumat (18/6).

Dari data e-katalog 2019 hingga Mei 2020, diketahui 80 persen alkes diimpor dari luar negeri, nilainya mencapai Rp 35 triliun. Pada kurun waktu yang sama, belanja produk dalam negri hanya mencapai 12 persennya saja, setara dengan Rp 5 triliun. Sementara pada kurun waktu Mei 2020 hingga Mei 2021, nilai impornya mencapai Rp 12,5 triliun.

Heru Dewanto menyayangkan kondisi bahwa Indonesia masih ketergantungan alkes dari luar negeri. Kata dia, jika Indonesia membutuhkan alkes tertentu dari luar negeri, bisa saja pesanan Indonesia tidak ditindaklanjuti, jika menurut sang produsen Indonesia bukan negara prioritas. Selain itu, nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, bisa membuat harga alkes melambung tinggi.

"Alkes dengan teknologi rendah bisa saja dikirimkan ke Indonesia dengan niat si produsen butuh menghabiskan stok. Kalau kita beli alkes dari luar, dana pemerintah tidak dibelanjakan ke rakyatnya sendiri," katanya.

PII menurut Heru Dewanto, berkomitmen untuk menanggulangi permasalahan kesehatan di Indonesia. Kata dia, PPI telah menyelenggarakan kegiatan learning center, sebagai upaya membekali para insinyur dalam menghadapi masa pandemi Covid- 19.

PII juga sudah melaksanakan uji coba ventilator di BPFK Kementerian Kesehatan, produksi serta distribusi bantuan masker, sanitizer, kamar sterilisasi, dan sembako.

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuka mata semua pihak bahwa Indonesia masih ketergantungan alat kesehatan dari luar negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News