Pilihan Mapel UN tak Terkait Prodi Perguruan Tinggi

Pilihan Mapel UN tak Terkait Prodi Perguruan Tinggi
Siswa SMA Ujian Nasional. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pemilihan mata pelajaran yang sesuai juruannya (IPA, IPS, dan Bahasa) bagi siswa SMA saat Ujian nasional (UN) 2017, dimaksudkan untuk menunjukkan kemampuan anak didik.

Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof Nizam, mata pelajaran pilihan sesuai jurusan siswa SMA tidak harus berhubungan dengan program studi yang dipilihnya untuk perguruan tinggi.

Nizam menuturkan, Kemendikbud sudah melakukan diskusi dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mengenai kebijakan mata pelajaran pilihan di UN 2017.

Siswa bebas memilih mata pelajaran untuk diujikan di UN sesuai dengan jurusannya, tanpa harus linier dengan pilihan kuliahnya nanti.

“Mata pelajaran pilihan memberi kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan yang terbaik dari dirinya. Tidak dihubungkan dengan pilihannya di perguruan tinggi,” ujar Nizam, Selasa (31/1).

Ia menambahkan, kebijakan mengenai mata pelajaran pilihan dalam UN bertujuan memberikan dorongan atau motivasi kepada siswa untuk menunjukkan potensi terbaik dirinya terhadap bidang yang diminatinya.

Karena itulah mata pelajaran pilihan ditentukan siswa sendiri, bukan sekolah.‎

Setiap siswa SMA peserta UN 2017 diwajibkan memilih satu mata pelajaran (mapel) pilihan sesuai jurusan dan peminatannya.

Pemilihan mata pelajaran yang sesuai juruannya (IPA, IPS, dan Bahasa) bagi siswa SMA saat Ujian nasional (UN) 2017, dimaksudkan untuk menunjukkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News