Pilkada Medan: Akhyar Nasution Sebut Minyak Karo Mujarab, Harus Dikembangkan

Pilkada Medan: Akhyar Nasution Sebut Minyak Karo Mujarab, Harus Dikembangkan
Calon Wali Kota Medan Akhyar Nasution meninjau UMKM minyak Karo di Laucih, Jalan Jamin Ginting Medan. Foto: dok pri untuk jpnn.com

jpnn.com, MEDAN - Calon Wali kota Medan Akhyar Nasution menyambangi pusat pembuatan Minyak Karo Laucih, di Jalan Jamin Ginting Km 13,1 Kelurahan Laucih, Medan Tuntungan, Rabu (2/12).

Pemilik Minyak Karo Laucih, Cinur Nuansa Kaban kepada Akhyar menyatakan, usaha yang dirintisnya merupakan generasi keempat.

Kini, dia sudah memiliki 13 distributor dan 425 reseller yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Saat ini kami sedang melakukan pengurusan perizinan seperti MUI untuk sertifikasi halal dan BBPOM. Ini sedang berjalan, seandainya mau ekspor jadi bisa dengan mudah," ujar Kaban.

Kaban didampingi penggiat seni Ligad Tarigan. Menurutnya, minyak karo mulai dikemas secara modern sekitar 1999.

"Dengan kemasan yang praktis, kemudian dikelola dengan manajemen yang lebih baik, itu sekitar 5 tahun lalu. Kami juga membuat sistem penjualan bertingkat, dimulai distributor, reseller hingga masing-masing ke kabupaten/kota di seluruh Indonesia," katanya.

Kaban kemudian memaparkan di mana saja distributor Minyak Karo Laucih. Antara lain, Brastagi, Jakarta, Duri, Pekanbaru, Lampung, Jawa Barat, Tangerang dan Jawa Timur, tepatnya di Surabaya.

Disinggung soal kesulitan dalam memperoleh perizinan, Kaban menyatakan tidak ada.

Calon Wali kota Medan Akhyar Nasution menyambangi pusat pembuatan Minyak Karo Laucih, di Jalan Jamin Ginting Km 13,1 Kelurahan Laucih, Medan Tuntungan, Rabu (2/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News