Pilkada Serentak 27 Juni, Masih Ada Dua Daerah Bermasalah

Pilkada Serentak 27 Juni, Masih Ada Dua Daerah Bermasalah
Kotak suara untuk pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - KPU Pusat mematangkan persiapan pelaksanaan pilkada serentak 2018 yang akan berlangsung 27 Juni. Hingga saat ini masih ada dua daerah di Provinsi Papua yang belum klir.

Ilham Saputra, komisioner KPU, mengatakan bahwa pihaknya sudah memantau seluruh proses pilkada. ”Semua logistik sudah sampai,” kata dia. Kecuali dua daerah di Papua, yaitu Kabupaten Paniai dan Mimika.

Di dua daerah itu, masih terjadi konflik hukum. Putusan masih berubah-ubah. KPU di sana masih terus melakukan persiapan. Pihaknya juga berupaya agar pencetakan logistik di dua daerah tersebut bisa selesai tepat waktu. ”Masih ada waktu untuk menyelesaikan,” kata dia.

Terkait dengan penggunaan noken, tas yang terbuat dari anyaman tali, sebagai pengganti kotak suara, pihaknya masih membahasnya. Nanti dihitung daerah mana yang akan menggunakan dan yang tidak memanfaatkan noken. Karena itu, dia belum bisa memastikan penggunaan noken.

Pejabat dari Aceh tersebut mengatakan, walaupun masih ada persoalan hukum di Paniai dan Mimika, KPU berusaha agar pilkada bisa diselenggarakan serentak di 117 daerah. ”Insya Allah serentak,” ucap Ilham.

Komisioner KPU Provinsi Papua Musa Sombuk mengatakan, masih ada persoalan calon di Kabupaten Paniai. Ada perdebatan apakah calon tunggal atau dua pasangan calon. ”Yang sudah fixed satu calon,” kata dia. Paslon lain masih terganjal persoalan hukum.

Sebelumnya, Panwas Paniai membatalkan keputusan KPU tentang penetapan calon. Musa menjelaskan, waktu penyelesaian masalah hukum cukup mepet. Penundaan pemungutan suara bisa saja terjadi. Namun, dia tetap berharap masalah bisa selesai dan pemungutan suara dilakukan serentak seperti daerah lain.

Untuk Mimika, menurut dia, tujuh paslon yang akan mengikuti pilkada masih memperbaiki berkas. Adapun logistik sekarang masih dicetak. Dalam waktu delapan hari, dia yakin pencetakan selesai. Yang menjadi persoalan adalah distribusi logistik. Distribusi sangat bergantung cuaca.

KPU Pusat menyebut masih ada dua daerah di Papua yang belum beres soal pencetakan logistic untuk Pilkada serentak 27 Juni 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News