Pimpin Penutupan Pesonas 2022, Ganjar Pranowo: Ini Ruang Mereka Berekspresi

Pimpin Penutupan Pesonas 2022, Ganjar Pranowo: Ini Ruang Mereka Berekspresi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pimpin langsung penutupan pekan Special Olympic Nasional, tegaskan medali bukan yang utama. Foto: Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) Ke-1 Tahun 2022 yang digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah pada 3-8 Juli 2022 sudah usai.

Pesonas mempertandingkan 12 cabang olahraga dan seni serta diikuti 208 atlet berkebutuhan khusus resmi ditutup. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang memimpin langsung acara penutupan itu menyebutkan esensi ajang ini bukan gengsi raihan medali, tetapi ada hal yang lebih penting.

"Medali bukan yang utama. Namun, ekspresi dan ruang agar mereka bisa berkumpul, bertemu, dan tunjukkan talenta jauh lebih hebat," ujar Ganjar yang dikutip JPNN.com, Senin (11/7).

Ganjar menjelaskan melalui ajang tersebut, masyarakat bisa melihat bahwa anak-anak difabel intelektual mempunyai semangat berkarya apabila diberi kesempatan.

“Terharu saya sekaligus ada semangat perjuangan dari anak anak yang bertalenta khusus. Bagaimana selama pertandingan ternyata banyak orang tua yang Tuhan titipkan anak bertalenta khusus. Inilah ruang bagi mereka untuk berekspresi, saya lihat kegembiraan luar biasa," lanjutnya.

Di sisi lain, Ketua Pelaksana Pesonas 2022 Jateng Ony Suharsono mengatakan pada event ini semua kontingen yang berlaga mendapatkan medali. 

Menurut dia itu merupakan bentuk apresiasi dan menunjukan ajang ini bukan sekadar menang atau kalah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pimpin langsung penutupan pekan Special Olympic Nasional, tegaskan medali bukan yang utama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News