Rabu, 21 Agustus 2019 – 08:05 WIB

Please, Jangan Tampilkan Agama dengan Wajah Menakutkan

Kamis, 29 Desember 2016 – 20:34 WIB
Please, Jangan Tampilkan Agama dengan Wajah Menakutkan - JPNN.COM

House of One di Berlin, Jerman, tempat umat Islam, Kristen ataupun Yahudi bisa beribadah. Foto: dw.com

JPNN.Com - Rohaniwan Katolik Romo Frans Magnis Suseno mengajak semua pihak menampilkan sikap saling mengasihi. Sebab, hanya dengan kasih maka keragaman di Indonesia selama ini bisa terpelihara.

"Mari menampilkan sikap saling kasih seperti Tuhan Yang Maha Esa. Jangan lagi menunjukan seolah-olah agama menakutkan," ujar Romo Magnis pada refleksi akhir tahun 2016 bertema Tantangan Merawat Kebangsaan Indonesia di Museum Nasional, Jakarta, Kamis (29/12).

Pegiat kemanusiaan itu menambahkan, seluruh agama pada hakikatnya mengajarkan kasih. Sayangnya, ada saja pihak-pihak yang menyalahgunakan ajaran agama sehingga terkesan menakutkan bagi kelompok tertentu.

"Kalau menakutkan, masalahnya bukan agama, tapi manusia yang sudah menyalahgunakannya," ucapnya.

Karena itu Romo Magnis mengingatkan para pemuka agama untuk menyadari arti agama yang sebenarnya. Yakni mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan bersikap rendah hati dan menunjukan kebesaran kasih Tuhan.

"Kalau kita sadar betapa Tuhan jauh melampaui manusia, maka agamawan yang bicara tentang Tuhan, mesti sangat rendah hati dan sadar bicaranya," tukas Romo Magnis.(gir/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar