PLN Mulai Operasikan PLTMG Merah Mata

PLN Mulai Operasikan PLTMG Merah Mata
PLN Mulai Operasikan PLTMG Merah Mata
JAKARTA - Sistim kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) bakal semakin andal seiring dengan ketersediaan daya listrik yang terus bertambah. Hal itu seiring dengan diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Mini Gas (PLTMG) Merah Mata yang berlokasi di dusun Borang Desa, Merah Mata, kabupaten Banyuasin dengan kapasitas 35 Megawatt, Jumat (19/8)

Direktur Operasi PLN Indonesia Barat Harry Jaya Pahlawan yang meresmikan beroperasinya PLTMG Merah Mata, mengatakan bahwa pembangkit tersebut merupakan salah satu pembangkit listrik sewa yang kontraknya telah ditandatangani PLN dengan konsorsium PT Navigat Energy pada bulan Juni 2011 lalu. Menurut Harry, PLTMG Merah Mata merupakan gas engine type mobile dengan total kapasitas 35 MW.

PLTMG tersebut terdiri dari 9 unit pembangkit yang masing-masing berkapasitas 3,3 MW, serta 2 unit pembangkit masing-masing berkapasitas 2,7 MW. Total produksi energi yang akan dihasilkan dari PLTMG ini adalah 151,2 GWh, dimana kebutuhan gasnya 6,8 BBTU per hari dengan mengoptimalkan gas make up borang sebesar 11.563 BBTU.

"Pengoperasian PLTMG yang berbahan bakar gas ini selain dimaksudkan untuk lebih memperkuat sistim kelistrikan di wilayah Sumbagsel, diharapkan juga mampu menambah kemampuan pasokan daya secara lebih efisien dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak," ujar Harry melalui rilis ke JPNN, Sabtu (20/8).

JAKARTA - Sistim kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) bakal semakin andal seiring dengan ketersediaan daya listrik yang terus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News