PLTGU Belawan Beroperasi, Pasokan Listrik Sumut Bertambah

PLTGU Belawan Beroperasi, Pasokan Listrik Sumut Bertambah
PLTGU Belawan Beroperasi, Pasokan Listrik Sumut Bertambah

jpnn.com - JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) hingga saat ini terus berupaya mengatasi kekurangan pasokan listrik di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut). Usaha itu kini telah membuahkan hasil nyata.

Setelah minggu lalu PLTU Labuhan Angin unit 1 dan PLTU Belawan unit 3 selesai masa perbaikan dan beroperasi kembali pada Selasa (18/4) malam. Kini Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Belawan Gas Turbin (GT) 2.2 sudah beroperasi kembali.

"PLTGU Belawan juga sudah mulai memasok listrik ke sistem Sumbagut dengan kapasitas mencapai 145 MW," ujar Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/3).

Dikatakan Bambang bahwa selama beberapa bulan terakhir, PLTGU Belawan GT 2.2 menjalani pemeliharaan cukup besar. "Karena telah beroperasi lebih dari 100 ribu jam non stop," beber dia.

Nantinya selama tiga hari ke depan, kata Bambang, GT 2.2 Belawan akan menjalani reliability run test sebelum nantinya beroperasi reguler.
 
Tambahan pasokan listrik itu diakui Bambang memang belum mampu menjadikan sistem kelistrikan di Sumbagut benar-benar aman. Sebab kondisi ideal dalam suatu sistem kelistrikan bisa dicapai bila sistem tersebut memiliki cadangan daya 30 persen dari beban puncak. "Beban puncak sistem kelistrikan Sumbagut kini mencapai 1.700 MW," terangnya.

Kendati begitu, perseroan terus berupaya mencapai kondisi tersebut melalui berbagai upaya penyelesaian proyek-proyek pembangkit cadangan, jaringan transmisi dan gardu induk. Saat ini PLN juga sedang menyelesaikan pembangunan PLTU Pangkalan Susu dan jaringan transmisi pendukungnya. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) hingga saat ini terus berupaya mengatasi kekurangan pasokan listrik di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News