Selama Hidup Orang Habiskan Rp 570 Juta untuk Berkebun

Selama Hidup Orang Habiskan Rp 570 Juta untuk Berkebun
Selama Hidup Orang Habiskan Rp 570 Juta untuk Berkebun

jpnn.com - LONDON -- Anda suka berkebun dan memelihara taman rumah dengan baik. Nah, menurut sebuah studi terbaru seorang pemilik rumah bisa menghabiskan 30 ribu Poundsterling per tahun atau sekitar Rp 570 juta seumur hidupnya hanya untuk mempercantik kebunnya.

Nah, sepertiga dari dana itu biasanya dibelanjakan untuk tanaman, baik itu menambah jumlah maupun jenisnya. Sedang sisanya dihabiskan guna menjaga agar rumput, bunga, semak dan pohon dalam kondisi baik, serta biaya mempercantik taman dengan ornamen dan teras.

Survei tentang taman ini dirilis GardeningExpress Inggris dengan responden 540 tukang kebun terkait kebiasaan belanja mereka.

"Mereka menghabiskan sekitar Rp 180 juta hanya untuk tanaman saja. Ini termasuk membeli biji, pot, semak, pohon, benih rumput dan tanaman sayuran," ungkap GardeningExpress, seperti dilansir Dailymail, Rabu (19/3).

Dijelaskannya, sumber pengeluaran terbesar kedua jika pemilik rumah mengubah teras atau dek mereka enam kali selama hidupnya. Ditambah pengeluaran untuk furnitur, termasuk meja, kursi dan pencahayaan outdoor.

Sedangkan pembelian alat penunjang berkebun semacam sekop , garpu dan gunting bunga hanya menduduki porsi terkecil. Termasuk juga biaya listrik taman, dan mesin pemotong rumput. Pasalnya, alat-alat tersebut bisa bertahan hingga tahunan. (esy/jpnn)


LONDON -- Anda suka berkebun dan memelihara taman rumah dengan baik. Nah, menurut sebuah studi terbaru seorang pemilik rumah bisa menghabiskan 30


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News