Polemik First Travel, DPR: Kami Sudah Ribut pada Menag Sejak 2015

Polemik First Travel, DPR: Kami Sudah Ribut pada Menag Sejak 2015
Sodik Mudjahid. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid menyesalkan kasus First Travel yang gagal memberangkatkan puluhan ribu calon jemaah umroh memakan banyak korban.

Padahal, katanya, komisinya yang membidangi agama di DPR, telah memberikan warning sejak awal langsung kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin.

"Saya tidak tahu apa yang harus saya katakan hari in, karena saya sudah ribut pada Menag sebelum kasus penelantaran. Saya sudah warning Kemenag, hati-hati dengan travel yang menggunakan pola seperti ini," ucap Sodik, dalam diskusi bertajuk "Mimpi dan Realita First Travel" di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8).

Publik, menurutnya tentu masih ingat dengan banyak kasus yang dijalankan oleh pimpinan PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel milik Andika Surachman dan Annisa Desvitasari. Apakah yang berbentuk travel umroh maupun koperasi.

Ketika klasus penelantaran muncul, dia langsung menyampaikan peringatan kepada Menag Lukman. Sayangnya, menteri yang juga mantan politisi Senayan itu masih berdalih.

"Menag masih beralasan, kalau kami hentikan sekarang, kami khawatir, bagaimana korbannya. Akhirnya bagaimana sekarang, izin dicabut juga, tapi dengan korban puluhan ribu. Kalau dulu dicabut mungkin korban tidak sebesar ini," ujar dia menyesalkan.

Politikus Gerindra ini menegaskan, seandainya Kemenang lebih awal mencabut izin Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) First Travel ketika masalah mulai mencuat, itu tidak akan menghilangkan kewajiban mereka memberangkatkan jemaah.

Selain kepada Kemenang, Sodik juga telah sejak awal meminta kepada polisi untuk memantau. Apalagi kalau sudah ada laporan harus segera diusut dan ditindak.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid menyesalkan kasus First Travel yang gagal memberangkatkan puluhan ribu calon jemaah umroh memakan banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News